Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

27 Januari 2012

Jurusan: Teknik Informatika / Ilmu Komputer

Jurusan Teknik Informatika mengacu pada kurikulum Eropa, dan Ilmu Komputer mengacu pada kurikulum Amerika, sehingga sebetulnya mereka sama saja. Pada intinya, di jurusan ini kita bisa belajar bagaimana cara komputer bekerja, berkomunikasi, dan bagaimana cara membuat perangkat lunak dalam komputer. Istilahnya: membuat otaknya komputer, bukan badannya.


Ilmu Komputer (http://iberry.com/cms/MathsComp.htm)

Lulusan bidang ini bisa bekerja di kantor/institusi manapun, karena bidang ini merupakan bagian dari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). TIK merupakan tulang punggung kehidupan masyarakat modern sekarang. Mulai dari perbankan, internet, hape, telepon jarak jauh (VOIP), sampai mesin-mesin cerdas membutuhkan teknologi ini. Teknologinya berbentuk perangkat lunak, alur komunikasi, dan rumus-rumus perhitungan.

Di jurusan ini, kamu akan belajar cara berpikir komputer (algoritma), sehingga kamu bisa berkreasi menciptakan produk-produk yang akan mendukung kecanggihan TIK. Tidak jarang algoritma membutuhkan pemecahan matematis, sehingga ilmu matematika juga diperlukan. Tentu kamu musti mau juga berlama-lama di depan komputer untuk mengutak atik kreasimu sehingga menjadi produk yang keren. 

Jika kamu memilih program D3, kamu bisa menjadi programmer, atau jadi operator sehari-hari dan pemecah masalah kalau ada komputer yang kerjanya ngaco. Jika kamu memilih program S1, kamu bisa menjadi perancang sistem yang dibutuhkan suatu perusahaan / institusi, konsultan TIK untuk bisnis dan perbankan, atau bisa melanjutkan program S2 untuk menjadi peneliti dalam mengembangkan sistem yang lebih cerdas.

Untuk mendapatkan gambaran bidang ini, kamu bisa membaca lebih lanjut di IlmuKomputer.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar