Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

27 Januari 2012

Jurusan: Manajemen Informatika / Sistem Informasi

Di jurusan Manajemen Informatika / Sistem Informasi, kita belajar hal-hal dasar yang sama yang dipelajari di Teknik Informatika / Ilmu Komputer, tetapi dikombinasikan dengan ilmu manajemen dan bisnis. Dengan belajar di bidang ini, kita akan mengerti penggunaan TIK untuk keperluan manajemen (alur informasi) dan bisnis.


Sistem Informasi (R.O. Briggs)

Di jurusan ini, selain mempelajari "otak komputer" alias cara kerja perangkat lunak, kita juga mempelajari bagaimana alur informasi antara komputer dan manusia untuk keperluan bisnis. Perangkat lunak (software) yang kita kembangkan lebih dipentingkan untuk keperluan mikro maupun makro ekonomi, seperti Sistem Informasi Manjemen atau Sistem Informasi Akuntansi.

Di sini juga kamu akan mempelajari cara mengaudit sistem informasi, yaitu memastikan bahwa sistem informasi dalam suatu perusahaan / institusi bekerja dengan baik menurut standar tertentu. Standar itu meliputi siapa yang menggunakan sistem, apakah para penggunanya sesuai pada fungsinya masing-masing, apakah operasi sistem selalu mengikuti alurnya, keamanan sistem, dll.

Jika kamu menyukai komputer dan berminat untuk bekerja di bidang bisnis / komersial, maka jurusan ini bisa jadi bahan pertimbangan. Dengan program D3 kamu bisa menjadi operator sistem bisnis (misalnya di bank / perusahaan besar), dan di program S1 kamu bisa belajar untuk merancang sistem bisnis dan merancang / mengaudit manajemen sistem informasi.

3 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.
    salam kenal dari saya mahasiswa fakultas Ekonomi :)

    BalasHapus
  2. apa ja tahap pertama untuk belajar menejemen informatika?

    BalasHapus