Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

27 Januari 2012

Profesi: Programmer

Sering pakai komputer, laptop, ponsel, iPad, Blackberry, dan suka memakai tombol-tombol cerdas dan melihat tampilan grafis yang menarik? Mengapa blog ini bisa membuat kita mengetik dan menyimpan tulisan dan mempublikasikannya ke seluruh dunia? Semua itu terwujud dengan bantuan seorang Programmer.


Layar ATM (http://transferantarbank.blogspot.com/)
Seorang programmer mempelajari bahasa pemrograman komputer, dan hasil kreasinya disebut perangkat lunak (software). Perangkat lunak bisa berjalan di ponsel, komputer, juga di mesin-mesin cerdas seperti ATM, pembaca sidik jari elektronik, sampai robot yang canggih. 

Software untuk mempercantik foto (http://adobe-photoshop.en.softonic.com/)
Perangkat lunaklah yang membuat suatu komputer bisa menirukan suara manusia dan memainkan lagu-lagu. Dialah yang menampilkan grafik indah, membantu kita mempercantik foto dan menambah tulisan-tulisan pada foto. Juga bisa membantu kita menghitung rumus-rumus fisika rumit menjadi sekali klik tombol saja. 

Contoh perangkat lunak yang dikerjakan iseng-iseng oleh mahasiswa adalah Facebook dalam bentuk sederhana, sampai akhirnya menjadi besar dan rumit, karena banyak programmer bekerja di situ. Dan jangan lupa, game dalam ponsel atau komputer atau Xbox atau PS dikerjakan oleh tim programmer yang bekerja keras demi menarik penggemar sampai kamu lupa waktu selagi memainkannya! :)

Seorang Programmer (http://www.doolwind.com/blog/becoming-a-better-game-programmer/ )
Dengan kuliah di jurusan Ilmu Komputer / Teknik Informatika, kamu bisa mengetahui lebih banyak jenis-jenis perangkat lunak. Lewat program D3, kamu bisa membedakan cara membuat perangkat lunak untuk bank dan perangkat lunak untuk ponsel. Lewat program S1, kamu bisa belajar bagaimana membuat perangkat lunak menjadi lebih cerdas dan merancangnya dengan lebih terstruktur.

Kalau kamu suka matematika dan berpikir rumit, siapa tahu kamu menyukai pekerjaan programmer ini. Jika kamu kreatif dan menyukainya, tentu tidak ada habis-habisnya kamu mencoba membangun suatu perangkat lunak yang siapa tahu bisa membantu orang banyak. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar